tech blog, analysis, and comment
Software

Web Designer, Tools Visual Untuk Mengembangkan Konten HTML5

Web Designer, Tools Visual Untuk Mengembangkan Konten HTML5
Google baru-baru ini meluncurkan sebuah tools untuk mendisain web tanpa perlu harus repot mengetik kode HTML dan CSS.

Google baru-baru ini meluncurkan sebuah tools untuk mendisain web tanpa perlu harus repot mengetik kode HTML dan CSS. Namanya cukup generik, Web Designer.

Tools teranyar besutan Google ini memang masih versi beta, namun menjanjikan berbagai fitur yang membuat disain web menjadi mudah dan menyenangkan.

Google sendiri cukup ambisius dengan menyebutnya “professional-quality design tool“. Saat ini Web Designer sudah tersedia untuk Windows 7 keatas dan Mac.

Menurut Google, Web Designer dikembangkan agar para pengiklan bisa dengan mudah membuat iklan HTML5 untuk versi mobile dan desktop.

Google mengklaim, para pengiklan saat ini tidak memiliki tools yang dibutuhkan untuk mengembangkan konten yang sesuai di berbagai tampilan dan Web Designer ditujukan sebagai alat untuk mengembangkan konten tersebut.

Pada esensinya, Web Designer adalah alat visual, namun jika anda suka, anda juga bisa menyelami langsung kode Javascript dan CSS yang dihasilkan dari Web Designer.

Web Designer dilengkapi dengan tools-tools umum yang mungkin sudah anda kenal dari tools-tools lain seperti pen tool untuk menggambar bebas dan sebuah timeline untuk mengatur animasi yang anda buat. Web Designer juga memungkinkan anda membuat konten 3D menggunakan potensi dari CSS3.

Untuk animasi, Web Designer menyediakan 2 mode, Quick mode dan Advanced Mode. Quick mode memungkinkan anda mendisain animasi adegan demi adegan dengan cepat sementara Advanced mode memberikan anda kendali lebih untuk tiap elemen di halaman yang anda buat.

Menarik untuk disimak bahwa tools lain seperti Adobe Muse, Reflow dan sejenisnya memiliki fitur yang serupa dengan Web Designer. Langkah Google menggratiskan Web Designer tentunya akan membuat gerah para pemain lama di bidang ini.

AreaTeknologi.com