tech blog, analysis, and comment
Green Tech

Mengenal Biogas, Energi Hijau Yang Mudah Dibuat

Mengenal Biogas, Energi Hijau Yang Mudah Dibuat
Biogas adalah gas yang dihasilkan dari pembusukan sampah organik karena absennya oksigen. Biogas adalah sumber energi yang bisa diperbarukan seperti matahari dan angin.

Biogas adalah gas yang dihasilkan dari pembusukan sampah organik karena absennya oksigen. Biogas adalah sumber energi yang bisa diperbarukan seperti matahari dan angin. Bahan utama penghasil biogas dapat dengan mudah ditemukan dimana saja, seperti misalnya kotoran ternak dan tentu saja sangat ramah lingkungan dan tidak merusak alam.

Pembentukan biogas terjadi karena adanya fermentasi yang disebabkan oleh bakteri anaerobik yang terdapat pada bahan-bahan organik seperti limbah domestik (rumah tangga), kotoran hewan, sampah tanaman dan sampah sisa panen. Biogas terdiri atas metan (CH4), karbon dioksida (CO2) dan sedikit hidrogen sulfida (H2S).

Gas metan, hidrogen, dan karbon monoksida yang terdapat di biogas dapat dengan mudah terbakar atau teroksidasi dengan oksigen. Pelepasan energi inilah yang bisa digunakan sebagai bahan bakar. Aplikasi paling sederhana dari biogas adalah dengan menggunakannya untuk memasak atau pemanas. Lebih lanjut lagi, biogas juga dapat digunakan sebagai bahan bakar generator listrik.

Di Indonesia yang didominasi oleh sawah, peternakan, ladang jika mau memanfaatkan teknologi sederhana biogas ini tentu akan menghemat penggunaan bahan bakar domestik. Para petani dan peternak minimal bisa memanfaatkan limbahnya sendiri untuk paling tidak memasak, sehingga tidak tergantung pada bahan bakar lain.

Jika memiliki bahan mentahnya, membuat biogas sebetulnya cukup sederhana. Di India, banyak petani yang menggunakan alat sederhana seperti drum bekas untuk membuat digester biogas. Untuk tutorial membuatnya, di Internet banyak sekali tersedia sumbernya.

Biogas memiliki keunggulan yang layak dipertimbangkan sebagai bahan bakar alternatif:

  • Limbah dari hewan dan manusia tidak dibuang dan mengotori melainkan dimanfaatkan untuk bahan bakar
  • Limbah dari seekor sapi atau kerbau, sepasang kambing dan 1 keluarga cukup untuk keperluan memasak sehari-hari
  • Jika anda memiliki lebih banyak hewan, tangki digester yang besar bisa digunakan untuk pemanas dan penerangan
  • Gas yang dihasilkan adalah energi yang dapat diperbarukan dan sama sekali tidak berbahaya bagi lingkungan
  • Biogas menggantikan batu bara atau kayu untuk memasak sehingga mengurangi penggundulan hutan
  • Sisa paska pembentukan gas, kotoran hampir bebas bakteri dan patogen dan merupakan pupuk yang baik untuk ladang dan sawah dan tidak memerlukan pupuk kimia, sehingga hemat biaya dan menghasilkan tanah yang subur

Gambar:
Shaunsbackyard.com. Kunjungi Link Shaunsbackyard untuk tutorial lengkap membuat biogas digester.
Bopdesigner.com
Ashden.org

AreaTeknologi.com