tech blog, analysis, and comment
Social Media

Terlalu Sering Memasang Foto Diri Di Facebook Dapat Merusak Hubungan

Terlalu Sering Memasang Foto Diri Di Facebook Dapat Merusak Hubungan
Para peneliti telah menemukan bahwa terlalu banyak memposting gambar diri sendiri dapat beresiko merusak hubungan dengan teman.

Peneliti dari Universitas Birmingham, Universitas West of England dan Universitas Edinburgh telah menemukan bahwa terlalu banyak memposting gambar diri sendiri (selfies) atau di Indonesia kita mengenalnya dengan istilah ‘foto narsis’ dapat beresiko merusak hubungan dengan teman.

Para peneliti melaporkan mereka yang terlalu sering berbagi foto tersebut dapat merusak hubungan dengan teman-teman yang tidak terlalu dekat, sementara teman dekat dan keluarga tidak terlalu berpengaruh dengan seringnya kita berbagi foto narsis. Dr. David Houghton, dosen di Birmingham Business School yang juga kepala peneliti studi ini mengatakan bahwa isi gambar dan jumlah dari foto-foto tersebut dapat menyebabkan retaknya hubungan antara si pemasang foto dan rekan-rekannya.

Hal tersebut mungkin disebabkan teman atau kolega yang tidak terlalu dekat tidak bisa memahami sebaik teman dekat atau keluarga, ungkap Houghton.

Dr. Houghton dan timnya juga mengamati perilaku kampanye iklan sebuah brand dengan meminta konsumen untuk mengambil gambar mereka sendiri tengah menikmati produk yang sedang dipasarkan.

Bagi perusahaan atau organisasi perilaku tersebut tentu saja menguntungkan bagi pemasaran mereka, namun berbagi foto semacam itu tidak terlalu menguntungkan bagi konsumen karena beresiko merusak hubungan dengan teman-teman si pemasang foto. Para peneliti menyarankan agar berpikir dua kali ketika ingin memasang foto mereka sendiri.

Facebook yang tumbuh pesat hingga memiliki lebih dari 1 milyar user, membuat banyak peneliti melakukan riset mengenai hubungan antar manusia yang terhubung secara virtual. Awal tahun ini, 2 orang peneliti German mengklaim bahwa dengan melihat foto-foto liburan teman, bayi yang baru lahir, mobil atau rumah dapat membuat pengguna merasa frustasi dengan hidup mereka sendiri dan merasa iri dengan yang lain.

Gambar: Queensland Police

AreaTeknologi.com