tech blog, analysis, and comment
Enterprise

Adobe Diretas, Sekitar 2,9 juta Data Pelanggan Kini Berada di Tangan Peretas

Adobe Diretas, Sekitar 2,9 juta Data Pelanggan Kini Berada di Tangan Peretas
Adobe baru-baru ini melaporkan bahwa salah satu servernya telah diretas.

Masalah keamanan data memang tidak bisa dianggap remeh, bahkan perusahaan sebesar Adobe pun baru-baru ini melaporkan bahwa salah satu servernya telah diretas.

Saat ini Adobe masih tetap melanjutkan penyelidikannya. Adobe juga melaporkan beberapa detail yang tidak sedikit mengenai apa saja yang telah diakses oleh sang peretas.

Menurut Adobe, tampaknya sang peretas memiliki akses data-data pelanggan yang telah dienkripsi, dan jumlahnya cukup mencengangkan sekitar 2.9 juta pelanggan. Adobe sendiri tidak yakin bahwa para peretas itu menghapus enkripsi data-data nomor kartu kredit atau kartu debit. Namun terenkripsi atau tidak, data-data tersebut tidak seharusnya dapat diakses umum.

Adobe belum menjelaskan metode enkripsi data yang mereka gunakan sehingga belum terdapat kejelasan tentang seberapa baik keamanan data tersebut.

Sementara itu, tampaknya para peretas itu telah mengakses kode sumber di setidaknya tiga produk Adobe; Acrobat, ColdFusion, dan ColdFusion Builder. Temuan ini ternyata juga sejalan dengan laporan dari Brian Krebs – jurnalis masalah kejahatan dunia maya – yang mengatakan bahwa Krebs dan rekan-rekannya telah menemukan sekitar 40GB kode sumber milik Adobe di sebuah server privat milik grup para peretas.

AreaTeknologi.com