tech blog, analysis, and comment
Enterprise

Apple Digelari Merk Paling Berharga Sedunia

Apple Digelari Merk Paling Berharga Sedunia
Selama 13 tahun di posisi puncak sebagai merk paling berharga di seluruh dunia, Coca Cola akhirnya dilengserkan oleh Apple.

Selama 13 tahun di posisi puncak sebagai merk paling berharga di seluruh dunia, Coca Cola akhirnya dilengserkan oleh Apple. Menurut The New York Times, peringkat tersebut di tentukan oleh Interbrand, sebuah perusahaan konsultan merk dan corporate identity. Interbrand menggeser posisi Coca Cola ke nomor tiga, setelah Google yang merupakan kompetitor utama Apple.

Laporan dari Interbrand tersebut menyatakan bahwa seringkali, sebuah perusahaan mengubah hidup kita, tidak hanya melalui produk-produknya, namun juga melalui filosofinya. Hal inilah yang menyebabkan, posisi Coca Cola yang telah 13 tahun berada di puncak merk terbaik di seluruh dunia digantikan oleh Apple.

Interbrand mengestimasi Apple bernilai 98.3 milyar dolar, sekitar 28 persen lebih tinggi dari laporan tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut membawa Apple ke posisi puncak merk terbaik. Melalui wawancara baru-baru ini, Jez Frampton, chief eksekutif global dari Interbrand menerangkan bahwa hal tersebut hanya masalah waktu sebelum Apple menempati posisi nomor satu.

Tahun 2012, Apple berada di tempat kedua. Untuk bisa membuat peringkat, Intebrand menganalisa laporan keuangan, permintaan konsumen, dan analisa kompetitif lainnya yang mengharuskan sebuah merk memenuhi syarat-syarat tertentu.

Perusahaan berbasis teknologi saat ini menempati 4 posisi dari 5 besar posisi teratas, dengan IBM dan Microsoft di belakang Coca Cola. Samsung dan Intel secara berturut-turut menempati posisi 8 dan 9.

AreaTeknologi.com