tech blog, analysis, and comment
Enterprise

HP VDI Powerful dan Efisien

HP VDI Powerful dan Efisien
Virtual Desktop Infrastructure (VDI) adalah suatu konsep dimana pengguna dapat mengakses aplikasi dan data dimanapun dengan menggunakan berbagai peralatan seperti desktop PC, laptop dan bahkan tablet.

Virtual Desktop Infrastructure (VDI) adalah suatu konsep dimana pengguna dapat mengakses aplikasi dan data dimanapun dengan menggunakan berbagai peralatan seperti desktop PC, laptop dan bahkan tablet.

VDI juga mendukung thin-client, sehingga perusahaan yang ingin mengadopsinya tidak perlu melakukan investasi dengan membeli desktop dalam jumlah besar. Karena jumlah PC yang lebih sedikit, thin-client tentu saja lebih hemat energi dan hemat biaya.

Bagaimana Cara Kerja dan Pemanfaatan VDI?

Berikut adalah 2 contoh dari pemanfaatan VDI:

  • Universitas, Sekolah, Training Center yang memiliki lebih dari 40 Desktop PC
    Instasi yang memiliki banyak desktop PC dapat melakukan penghematan energi dan biaya pembelian desktop PC dengan implementasi VDI. Instansi tersebut dapat melakukan update aplikasi, migrasi sistem secara terpusat dan selain itu biaya yang dikeluarkan untuk membeli thin-client jauh lebih efisien dibandingkan membeli desktop PC
  • Perusahaan Finansial, Manufaktur, Retail, Pemerintahan, Rumah Sakit serta Perusahaan yang memerlukan Karyawan untuk “Work from Anywhere”
    Perusahaan yang ingin agar setiap karyawan dapat kerja dimanapun dengan peralatan apapun dan kapanpun dapat memanfaatkan solusi VDI dari HP ini. Ilustrasinya adalah setiap orang dapat mengakses aplikasi bisnis dan email dengan menggunakan berbagai peralatan lain selain desktop PC di rumah, tablet, notebook dimanapun!

Manfaat Implementasi VDI

  • Penghematan Energi
    Melihat dari konsumsi listrik yang sangat rendah dari thin-client (hanya 13 watt) dibandingkan komputer desktop (sekitar 300 watt), penghematan biaya listrik dapat dirasakan langsung.
  • Meningkatkan Produktifitas dan Kemudahan Akses
    Dimanapun Anda berada, aplikasi dan data penting dapat diakses di berbagai peralatan kapanpun dibutuhkan. Hal ini memungkinkan konsep “Work from anywhere” diterapkan bagi semua karyawan sehingga produktifitas kerja dapat ditingkatkan.
  • Manajemen Desktop yang Lebih Mudah dan Cepat
    Jika perusahaan Anda memiliki lebih dari 40 desktop PC tentunya melakukan manajemen desktop seperti update patch, instalasi aplikasi baru, migrasi ke sistem baru,  dan upgrade aplikasi versi terbaru memerlukan waktu yang lama bagi Anda. Dengan Virtual Desktop Infrastructure dapat membantu manajemen desktop dari Server dan dalam hitungan menit.
  • Keamanan Data dan Ketersediaan Sistem yang Lebih Baik
    Solusi dari HP untuk VDI menggunakan SSL tunneling untuk memastikan semua koneksi telah terenkripsi. Solusi ini juga mendukung RSA SecurID dan memberikan keamanan tambahan berupa autentifikasi dua tingkat untuk memperketat akses.

Komponen yang Dibutuhkan untuk Implementasi Virtual Desktop Infrastructure

Agar mendapatkan konfigurasi optimal untuk implementasi VDI, berikut adalah solusi dari HP untuk menjawab kebutuhan tersebut yang terdiri atas:

  • High-End Server yang memiliki kinerja yang dapat diandalkan – HP DL380p Gen8
    Server dengan konfigurasi yang sesuai dengan solusi VDI sangat dibutuhkan untuk memastikan berbagai aplikasi dapat diakses dengan cepat dan mudah serta dapat diandalkan setiap saat.
  • Software Virtualisasi – VMware Horizon View
    Menurut hasil riset dari IDC, pelanggan yang menggunakan VMware View dapat mengurangi Total Cost of Ownership (TCO) untuk infrastruktur desktop mereka sampai 50%, penghematan lebih dari US$500 setiap tahunnya untuk setiap pengguna.
  • Thin Client – HP t410 AiO
    Thin client yang hemat energi serta memenuhi standar VDI juga sangat penting. HP thin-client seri HP t410 memastikan solusi VDI dapat berjalan dengan baik serta memberikan penghematan energi. Satu thin-client hanya memerlukan 13 watt.
  • Smart Storage – HP StoreVirtual 4530
    Storage atau tempat penyimpanan data yang dapat diandalkan juga merupakan komponen penting dalam penerapan VDI. HP StoreVirtual 4530 memastikan data dan aplikasi penting tersedia setiap saat serta keamanan data telah dilengkapi dengan sistem enkripsi terbaik.
  • Switch – HP 2530 – 48G & HP 2530-24G
    Untuk menghubungkan antara Storage serta Thin-client ke Server tentunya dibutuhkan perlengkapan jaringan yang memastikan lalu lintas data berjalan dengan lancar. HP Switch yang ditawarkan telah diuji dan sesuai untuk implementasi Virtual Desktop Infrastructure.

Perkiraan biaya untuk membangun VDI sekitar USD 60.000 dengan spesifikasi sebagai berikut :

HP Server
(1) HP DL380p Gen8 E5-2620 Base AP Svr
(5) HP 16GB 2Rx4 PC3-12800R-11 Kit

(2) HP 300 GB 6G SAS 10K 2.5in SC ENT HDD

(1) HP 12.7mm SATA DVD ROM jb Kit

(1) HP 460W CS Plat PL Ht Plg Pwr Supply Kit

HP Storage
(1) HP StoreVirtual 4530 5.4TB (12x450GB) SAS Storage

HP Switch
(1) HP 2530-48G Switch

(1) HP 2530-24 Switch

HP ThinClient
(40) t410 AiO/PCoIP/Smart ZC Indo Specialized for VMware View

VMware
(4) VMware Horizon View 5 Bundle: 10 Pack

AreaTeknologi.com