tech blog, analysis, and comment
Design / Recommended

Reinterpretasi Disain Situs Jakarta Tourism

Reinterpretasi Disain Situs Jakarta Tourism
Redesign ulang situs Jakarta Tourism milik Pemerintah DKI Jakarta

Kanal di areateknologi yang ini mungkin agak beda. Bukan review atau artikel teknologi, tapi dibuat menggunakan teknologi yang populer, yaitu HTML5. Ide ini timbul ketika kita iseng menjelajahi situs-situs yang dikelola pemerintah, kita mendapatkan bahwa kebanyakan situs pemerintah kurang dikelola dengan baik. Kita semua sih maklum karena pemerintah mungkin sedang sibuk mengurusi rakyatnya yang begitu banyak.

Jadi, akhirnya kita memutuskan untuk memberi ide pada pemerintah. Dengan bermodal skill seadanya, kita mencoba mendisain ulang website-website pemerintah tersebut dengan tren disain dan teknologi terkini. Kebetulan tim kecil kita ini punya orang disain dan seorang programmer web. Masih amatiran sih dua-duanya, tapi kita mencoba yang terbaik. Website yang kita buat terinspirasi dari berbagai disain, jadi mungkin bisa juga mirip website anu dan website itu.

Untuk artikel pertama di kanal ini, kita akan mencoba mendisain ulang website jakarta-tourism.go.id. Sebetulnya website yang sekarang sudah bagus dan fungsional, namun kita semua berpendapat jika sebetulnya potensi website ini masih bisa dikembangkan. Kita sih yakin banget banyak turis mancanegara yang ingin bertandang ke Jakarta dan main-main ke Monas atau ke Musem Fatahillah.

Di website Jakarta Tourism yang live saat ini menggunakan slideshow di homepagenya. Slide show cukup umum digunakan saat ini untuk memberi perhatian lebih pada konten tertentu, cuma sayangnya slideshownya tidak dimanfaatkan dengan cukup baik. Untuk sebuah website travel pariwisata, menurut kami kualitas foto yang baik sangat diperlukan. Brosur kurang tepat diletakkan di slideshow karena ukurannya yang tidak pas. Brosur event biasanya orientasinya portrait, sementara slideshow orientasinya landscape.

Untuk mengatasinya, kita membuat sebuah slideshow jumbo yang memenuhi screen. Supaya terintegrasi dengan lebih baik, navigasi dan logo diletakkan di lapisan atas slideshow jumbo tersebut. Navigasi slideshow diletakkan di pojok kanan atas untuk kemudahan pengguna. Dengan kualitas foto yang baik, atmosfer website secara dramatis akan meningkat. Lebih sedap dipandang dan memiliki kedalaman.

Kemudian untuk artikel dan berita dibawahnya, terbagi 3 kolom, di sebelah kanan adalah latest event. Bisa juga difungsikan sebagai konten advertorial. Di bagian tengah terdapat featured places, atau rekomendasi tempat yang diberikan oleh pengelola situs. Lagi-lagi space ini juga bisa diselipi iklan. Kemudian di sebelah kanan, terdapat iklan large rectangle dan dibawahnya fitur pencari hotel yang menurut kita sangat diperlukan. Turis-turis sebelum bertandang ke Jakarta bisa mengintip hotel mana saja yang cocok untuk mereka.

Untuk footer, logo Jaya Raya terpaksa kita lepaskan. Pengunjung bisa mencari info tersebut di tautan About Us. Menurut kita, pemerintah yang tidak narsis adalah pemerintah yang berjiwa ksatria dan mengedepankan layanan publik. Kemudian gambar-gambar terkini dari instagram bisa ditampilkan di footer.

Redesign Jakarta Tourism

Seperti juga website areateknologi, draft website ini dibangun menggunakan framework foundation 4.

Karena kita tidak sempat memeriksa satu demi satu foto-foto yang saya gunakan, jadi angkat tangan ya yang merasa fotonya digunakan dan keberatan atau ingin diberi tautan di situs ini. Kita dengan senang hati memberi tautan ke situs anda dan memberi kredit untuk karya-karya indah anda.

Live Demo

Jadi, bagaimana menurut anda? Website apalagi yang harus kita redesign?

AreaTeknologi.com