tech blog, analysis, and comment
Software

5 Aplikasi yang Sering Overlaping di PC Anda

5 Aplikasi yang Sering Overlaping di PC Anda
Tahukah anda? Setiap kali meginstall sebuah aplikasi, Windows mencatat aplikasi tersebut ke dalam registry. Semakin banyak aplikasi yang diinstall, semakin penuh registry anda.

Artikel ini khusus pengguna Microsoft Windows.

Setiap kali menatap PC atau laptop orang lain saya selalu mengamati kebiasaan umum termasuk saya dulu yang sering kita lakukan. Saking banyaknya software tersedia untuk PC, kita lupa bahwa fungsi-fungsi software tersebut mungkin sudah ada di software yang pernah kita install sebelumnya.

Tahukah anda? Setiap kali meginstall sebuah aplikasi, Windows mencatat aplikasi tersebut ke dalam registry. Semakin banyak aplikasi yang diinstall, semakin penuh registry anda. Apa yang terjadi jika registry membengkak? Tentu membutuhkan waktu yang lama untuk mengakses informasi di dalam registry.

Berikut ini adalah 5 Aplikasi yang Sering Overlaping di PC Anda.

1. K-Lite Codec Pack dengan pemutar film lainnya.


K-Lite Codec Pack adalah encoder gratis untuk Microsoft Windows yang memungkinkan kita memutar hampir semua format film. Dulu waktu masih muda, labil, dan bokek saya sering ke warnet untuk mengunduh K-Lite terbaru agar komputer saya bisa memutar film dewasa yang format filmnya suka aneh-aneh. K-Lite dilengkapi dengan player bergaya Windows Media Player versi lama.
K-Lite memang terkenal tidak memikirkan kosmetik, sehingga player bawaannya terkesan kuno. Tapi, jika K-Lite bisa memutar semua format termasuk DVD dan Bluray, untuk apa anda menginstall player-player lainnya?

2. Windows Media Player dan Winamp


Ok, yang mungkin ini cuma saya, tapi pernahkah anda melihat Winamp akhira-akhir ini? Pemutar musik buatan Nullsoft ini tidaklah seringan versi-versi awalnya. Instalasi Winamp sekarang juga jebakan Batman. Kebanyakan orang ketika menginstall program di Windows hanya menekan next hingga selesai. Jika anda tidak tengak tengok ketika menginstall Winamp, anda akan terbebani dengan Baidu PC Faster yang tidak berguna dan link free MP3 yang kebanyakan tidak dimanfaatkan oleh user.
Jadi jika Windows Media Player sudah bisa nyetel lagu, buat apa menginstall player kedua, ketiga, dst?

3. Antivirus lebih dari satu


Antivirus memang penting, tapi jika anda menginstall antivirus lebih dari satu, itu berlebihan. Memori anda akan termakan sia-sia. Booting lebih lambat dan pekerjaan sehari-hari terganggu. Cukup install satu antivirus dan sisanya adalah mempraktekan kebiasaan baik menggunakan komputer seperti misalnya tidak mengunjungi tautan berpotensi malware, hati-hati mengunduh dan menggunakan crack untuk software bajakan, lebih baik beli asli.

4. WinRAR dan WinZip


Nah ini yang paling membuat saya garuk-garuk. Jika anda sudah menginstall WinRAR, untuk apa menginstall WinZIP? WinRAR bisa menZip file seperi WinZIP, namun WinZip tidak bisa meRAR file. Saya masih memaklumi jika anda menginstall WinRAR berdampingan dengan 7Zip yang sering digunakan untuk kompresi dan membagi file film.

5. Adobe Photoshop dan Corel Photo Paint


Saya yakin buat anda yang menginstall Corel Photo Paint, pasti awalnya tidak sengaja karena terlalu asyik menekan next ketika mencoba menginstall Corel Draw yang dibundel di dalam Corel Suite. Saya juga yakin, anda lebih suka Adobe Photoshop karena sudah terbiasa dengan tools-toolsnya. Jadi tunggu apalagi? Segera uninstall Corel Photo Paint itu.

AreaTeknologi.com