tech blog, analysis, and comment
Green Tech

Berlari Untuk Energi

Berlari Untuk Energi
Mahasiswa universitas Rice Houston Amerika serikat berhasil mendesign sepatu yang bisa membangkitkan energi listrik

Mahasiswa universitas Rice Houston Amerika serikat berhasil mendesign sepatu yang bisa membangkitkan energi listrik.

Kelompok mahasiswa yang mereka sebut sebagai agitation squad ini berhasil mengembangkan alat yang mengumpulkan energi dari gerakan manusia. Energi kecil yang muncul dari gerakan lari dan berjalan hilang ditelan oleh sol sepatu yang nyaman. Melalui konsep tersebut, para mahasiswa mencoba untuk menyambungkan sepatu dari tuas lengan ke gearbox, dan kemudian dikaitkan dengan pembangkit kecil dan baterai – lalu merubah energi kinetik dari hentakan tumit menjadi listrik yang dapat digunakan.

Tujuan akhir dari pembangkit sepatu buatan para mahasiswa ini adalah mengembangkan sumber energi yang bisa diandalkan untuk alat-alat medis. Saat ini, sepatu tersebut baru mampu menghasilkan listrik yang hanya cukup untuk mengisi baterai telepon selular, sedangkan untuk mengoperasikan alat pacu jantung atau jantung buatan dibutuhkan kekuatan listrik yang lebih besar.

Setelah para mahasiswa berhasil membuktikan bahwa sepatu mampu menghasilkan listrik, kelompok agitation squad ini berharap ada team baru yang meneruskan dan menyempurnakan rancangan mereka untuk dipasarkan.



Berita Sebelumnya →

AreaTeknologi.com