tech blog, analysis, and comment
Innovation

Pistol Hasil 3D Printer Pertama di Dunia

Pistol Hasil 3D Printer Pertama di Dunia
Benda ini adalah hasil imitasi dari jenis pistol 1911 yang dibuat berdasarkan atas hak cipta umum dan seberkas sistem lases sintering yang mampu membuat serbuk besi menjadi padat

Untuk suatu kehebohan, Liberator sebenarnya bukan pistol. Bisa dikatakan senjata api hasil printer 3 dimensi adalah sebuah pistol. Benda ini adalah hasil imitasi dari jenis pistol 1911 yang dibuat berdasarkan atas hak cipta umum dan seberkas sistem lases sintering yang mampu membuat serbuk besi menjadi padat. Senjata ini bisa menembak layaknya pistol semi automatis.

Pistol inidibuat oleh Solid Concepts dan dijamin sepenuhnya legal. Selain itu perusahaan ini juga sudah mengantongi izin pembuatan senjata api federal dan untuk pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan mencari cetak biru di internet.

Perusahaan menciptakan model 3dimensi dari jenis 1911 yang terbuat dari serbuk besi yang dipanaskan hingga tercipta benda padat yang solid dan menjadi senjata yang bisa ditembakkan. Setelah hasil akhir keluar, masih harus dibersihkan dari material pendukung dan memodifikasi ruang tembak. Sejauh ini mereka sudah mencoba menembakkan sekitar 50 butir peluru.

“kita sudah berhasil membuktikkan penggunaan teknologi laser sintering,” jelas wakil kepala marketing Scott Mcgowan. ”kami mengembangkannya dari Liberator, dan bukan dihasilkan dari hobbist printer, seperti anda mencari sesuatu dari gudang seseorang.”

Mcgowan berharap teknologi ini bisa membantu pembuat senjata untuk membuat spare part yang sulit dibuat. Teknologi ini hanya akan diberikan pada pelanggan yang berkualifikasi khusus dan memiliki sertifikasi manufaktur senjata. Untuk harga sebuah printer sekitar $500.000 dan Mcgowan menekankan “Insinyur profesional bekerja dengan mesin profesional untuk rekanan yang juga profesional.”

“Kami membuktikan bahwa teknologi ini berhasil, dan teknologi ini berada pada tempat dimana perusahaan manufaktur bisa membuat senjata dengan Metal Printing 3 dimensi,” jelas Kent Firestone, wakil presiden dari Additive Manufacturing ketika ditemui di Solid Concepts. “sekarang jika pelanggan yang berkualifikasi khusus membutuhkan spare part unik, dalam waktu 5 hari kami bisa langsung kirimkan.”

Yang terpenting adalah fakta bahwa teknologi ini adalah teknologi pertama di dunia.

“Setahu kami ini adalah teknologi yang bisa mencetak pistol 3 dimensi pertama di dunia,” kata McGowan.”

  • Kamal Afiat

    Jadi, semua orang sekarang bisa bikin pestol 😀

AreaTeknologi.com