tech blog, analysis, and comment
Innovation

Polisi AS Kini Gunakan GPS untuk Hindari Kejar-Kejaran Maut

Polisi AS Kini Gunakan GPS untuk Hindari Kejar-Kejaran Maut
Untuk menghindari kejar-kejaran mobil ala Hollywoord, polisi-polisi di Amerika saat ini diam-diam memasang GPS kecil ke kendaraan-kendaraan yang mencoba kabur

Untuk menghindari kejar-kejaran mobil ala Hollywoord, polisi-polisi di Amerika saat ini diam-diam memasang GPS kecil ke kendaraan-kendaraan yang mencoba kabur. Metode memasangnya cukup dramatis, GPS kecil itu ditembakkan ke badan mobil atau motor tersangka.

Tersangka yang sudah ditempeli GPS kemudian dengan mudah dapat dilacak menggunakan peta satelit. Pengintaian pun bisa dilakukan dengan aman di jarak yang tidak mencurigakan bagi tersangka.

StarChase, perusahaan manufaktur GPS tersebut menggunakan barel ganda dengan kompresi angin yang dipasang di gril depan mobil polisi untuk menembakkan proyektil GPS yang hanya sebesar 4,5 inchi.

Pada saat seorang petugas mengejar tersangka, sebuah peluncur diaktifkan menggunakan konsol yang terpasang di mobil. System penargetan menggunakan laser untuk akurasi yang lebih baik. Setelah target terkunci, proyektil GPS tersebut ditembakkan.

Proyektil tersebut dilengkapi dengan perekat industri yang super lengket. Setelah mobil tersangka sukses ditempeli GPS, modul GPS di mobil polisi melacak koordinat, arah dan kecepatan kendaraan tersangka tiap 3 hingga 5 detik.

Ketika petugas sudah memastikan GPS melekat di kendaraan tersangka, mereka bisa mundur teratur dan mungkin melakukan strategi penangkapan yang lebih baik dan tidak berbahaya.

Mesin pelacak GPS tersebut berharga cukup mahal, sekitar $5000 per kendaraan.

AreaTeknologi.com