tech blog, analysis, and comment
Gadget

Medical Tricorder ala Star Trek Segera Menjadi Kenyataan

Medical Tricorder ala Star Trek Segera Menjadi Kenyataan
Alat yang terinspirasi dari serial fiksi ilmiah star trek, selangkah lagi akan menjadi kenyataan

Alat yang terinspirasi dari serial fiksi ilmiah star trek, selangkah lagi akan menjadi kenyataan.

Scanadu demikian nama alat tersebut yang hanya seukuran telapak tangan namun mampu mendeteksi tanda-tanda vital sang pasien seperti detak jantung, dan suhu tubuh. Agar alat ini menjadi kenyataan dibutuhkan dana setidaknya 10.5 juta dollar yang didapat dari bebebrapa investor pada selasa kemarin. Dengan dipimpin oleh investor baru Relay Ventures dimana termasuk didalamnya pendiri dan CEO yahoo Jerry Yang, bisa meningkatkan dana segar sejumlah 14.7 juta dollar. Dana ini akan dipakai untuk pengembangan Scanadu sekaligus juga agar bisa mendapatkan persetujuan dari FDA untuk alat ini yang kemudian akan diberi nama Scanadu Scout, jelas sang CEO Walter De Brouwer.

Kemampuan alat ini adalah mampu mendeteksi tanda-tanda vital sang pasien yang kemudian langsung dikirimkan melalui smartphone sang pasien. Namun demikian De Brouwe menjelaskan bahwa alat ini bukan untuk menggantikan peran dokter, tapi menyediakan pasien data tentang kesehatan mereka tanpa harus mengeluarkan dana transportasi untuk menuju ke UGD.

Selain mendeteksi detak jantung dan temperatur tubuh, pengguna juga bisa mendeteksi tanda vital lainnya seperti pernafasan dan kadar oksigen sang pasien.

“Musuh kita bukan lagi demam” jelas De Brouwer. “Musuh kita pada abad 21 adalah cardiovascular.” Tambahnya.
Selain mampu mendeteksi tanda-tanda vital, pengguna/pasien juga bisa berbagi data kesehatan mereka dengan dokter langsung dari applikasi pendamping Scanadu di smartphone. Ini berarti sang pasien bisa mendapatkan tanda vital tubuh mereka ketika dalam perjalanan menuju rumah sakit dan sang dokter langsung bisa mendapatkan tanda-tanda vital sang pasien saat pasien tiba di rumah sakit. Namun demikian dokter tetap harus menganalisa data pasien yang terkumpul tapi pasien bisa menyederhanakan proses pengumpulan data tersebut.

Pada musim panas ini Indiegogo mengkampanyekan kepentingan masyarakat pada teknologi ini. Dimana Scanadu bisa mendapatkan 100.000 dollar pada jam-jam pertama penjualan, dan meningkat lebih dari 1.6 juta dollar dalam waktu kurang dari dua bulan.

Namun demikian, keberhasilan prototype Scout tidak bisa langsung dipergunakan masyarakat. Selain mengumumkan pendanaan yang baru, Scanadu jua mengumumkan Dewan Penasihat Medis pada selasa lalu yang terdiri dari 7 tenaga profesional dibidan kesehatan dan medis dimana termasuk didalamnya seorang profesor dibidang medis dan mantan pejabat FDA .

Persetujuan FDA adalah kunci dari masa depan Scout, agar alat ini bisa dipercaya datanya untuk melayani kebutuhan pasien dan dokter. Sertifikasi persetujuan FDA akan keluar seiring munculnmya rasa percaya masyarakat pada alat ini, jelas De Brouwer.

“pad beberapa (jenis) masyarakat di jalanan, FDA adalah pahlawan mereka,” tambah De Brouwer.
Didalam proposal Scanadu yang akan diserahkan ke FDA, didalamnya juga terdapat penelitian penggunaan yang dilakukan olrh Indiegogo dan penelitian medis yang dilaksanakan oleh Institut Scripps Tranlational Science di La Jolla California. siapapun yang membeli alat ini di Indiegogo akan mendapatkan versi Scout pada bulan maret, kata De Brouwer.

Scanadu berharap proposal mereka akan siap keluar dalam setahun dan kemudian Scout akan tersedia untuk konsumen dengan harga 199 dollar.

AreaTeknologi.com