tech blog, analysis, and comment
Innovation

Terbang Seperti Lebah dan Mengambang Seperti Hoverbike

Terbang Seperti Lebah dan Mengambang Seperti Hoverbike
Impian masa kanak-kanak anda akan segera terwujud setelah sebuah perusahaan yang bermarkas di California yang bernama Aerofex berhasil menciptakan Hoverbike.

Pernahkah anda berkhayal bisa menunggangi Speeder seperti yang digambarkan dalam film garapan George Lucas Star Wars? Impian masa kanak-kanak anda akan segera terwujud setelah sebuah perusahaan yang bermarkas di California yang bernama Aerofex berhasil menciptakan Hoverbike.

Sebetulnya design Hover Bike ini pernah dibuat tahun 60-an, namun karena ada permasalahan dengan stabilitas dan kemudi membuat desain ini ditinggalkan.

Lalu perusahaan Aerofex berhasil menyingkirkan permasalahan tersebut dengan menciptakan sistem mekanik yang dikendalikan oleh dua batang kemudi yang terletak di dekat lutut. Ini memungkinkan kendaraan merespond gerak miring tubuh dan dan keseimbangan alami manusia.

Sistem kendali intutitif ini membuat seseorang bisa mengendarai hover bike tanpa harus melewati pendidikan pilot.
Di masa depan Hover Bike bisa dipakai untuk mencapai pasien didaerah yang akses jalannya tidak ada. Bahkan Mark De Roche sang insinyur dan pendiri Aerofex mengatakan “dengan mengurangi ketinggian dari Hover Bike bisa membuat domain ATV ( All Terrain Vehicle) terkalahkan.”

Kemampuan mengambang diatas tanah ini berkat dua baling-baling bermotor yang menghadap ke bawah dengan posisi didepan dan belakang pengemudi. Membuatnya bisa terbang setinggi 15 kaki dari permukaan tanah dan mempu mencapai kecepatan 30 mil perjam.

“Pada dasarnya Hover bike tanggap akan dua gerakan dari 3 gerakan yaitu Pitch (gerakan atas bawah) , Roll (kemudi guling kiri/kanan), dan Yaw (belok kiri/kanan), dan secara otomatis mengaktifkan kendali aerodynamic yang dibutuhkan untuk meng-counter gerakan hingga sang pilot bisa sejajar kembali dengan tunggangannya,” jelas De Roche. “Karena gerak dan keseimbangan pilot itu tetap dan naluriah, bisa dikatakan mengendalikan Hover Bike itu tanpa tenaga sama sekali “, tambah De Roche.

Data tersebut didapat dari serangkaian tes yang dilaksanakan di gurun Mojave negara bagian California
Sayangnya Aerofex tidak akan segera mengembangkan dan menjual dengan versi manusia. Malah sebaliknya, sebuah perusahaan aerospace melihat kendaraan udara ini sebagai dasar untuk pengembangan drones tak berawak untuk kepentingan militer. Ini karena kendaraan ini mampu untuk mengangkut beban berat dan menerabas kondisi jalan rusak dan kasar.

AreaTeknologi.com