tech blog, analysis, and comment
Innovation

Hindari Alergi dengan Tukang Cicip Pribadi

Hindari Alergi dengan Tukang Cicip Pribadi
Jika anda adalah komandan pengamanan kepala negara atau kerajaan, bersiap-siaplah menuliskan surat pemecatan pada tukang cicip makanan kepala negara atau kerajaan

Jika anda adalah komandan pengamanan kepala negara atau kerajaan, bersiap-siaplah menuliskan surat pemecatan pada tukang cicip makanan kepala negara atau kerajaan, karena sebuah alat yang bernama Tellspec akan menggantikan posisi tukang cicip makanan tanpa harus mengorbankan nyawa tukang cicip makanan.

Ide awal dari pembuatan Tellspec adalah ketika putri Isabel Hoffman jatuh sakit setelah pindah dari Amerika Serikat ke daratan Eropa.

Ternyata setelah didiagnosa oleh sejumlah dokter dan memakan biaya serta waktu yang tidak sedikit, baru terlihat bahwa putri Isabel Hoffman menderita alergi yang disebabkan oleh Apergillus Penicullium dan sensitif terhadap gluten, dioxin dan sejumlah alergi lainnya.

“Saat kita kembali kerumah dan mengecek semua tempat di dalam rumah dan sekitar rumah, ternyata ditemukan jamur aspergillus dan penicillium di kamar tidur” jelas Isabel Hoffman.

Kasus yang menimpa sang putri membangkitkan jiwa enterpreuner Isabel Hoffman untuk menciptakan alat yang bernama Tellspec. Agar orang-orang yang mempunyai nasib sama dengan putri Isabel Hoffman paham dengan lingkungan tempat tinggal dan makanan yang akan dikonsumsi serta tahu efek apa yang akan terjadi jika mereka mengkonsumsi makanan tersebut tanpa harus jatuh sakit.

Sekilas alat ini mirip dengan Scanadu dalam artikel Areateknologi.com dengan judul “Medical Tricorder ala Star Trek Segera Menjadi Kenyataan”. Namun Scanadu hanya terbatas pada pemindaian kesehatan.

Sama halnya dengan Scanadu, Tellspec juga harus berpasangan dengan aplikasi Pemindaian makanan dan lingkungan dalam smartphone. Saat di pindai, aplikasi tersebut menyediakan data unsur-unsur dan jumlah yang terkandung dalam makanan maupun tempat lingkungan anda berada berupa grafik yang mudah dibaca dan dipahami. Hingga anda bisa memutuskan untuk harus memakan makanan tersebut atau tidak.

Cara kerja Tellspec adalah dengan menyinari makanan dengan laser bertenaga rendah. Saat makanan di sinari dengan sinar laser, sejumlah photon dalam laser akan terserap kedalam molekul-molekul makana tersebut, yang mengakibatkan naiknya energy molekul makan tersebut. Level energi yang rendah dalam molekul makanan tersebut terpantul kembali dalam bentuk panjang gelombang atau spektrum kedalam reseptor Tellspec. Lalu Tellspec akan memilah dan menghitung spektrum tersebut dan menjelaskan komponen apa saja yang terdapat dalam makanan tersebut.

Informasi hasil pemindaian akan diupload dan dikirim ke mesin analis dimana mesin analisa tersebut akan mengidentifikasi kandungan kima, nutrisi , kalori dan unsur-unsur yang bisa mengakibatkan reaksi alergi, lalu mesin tersebut akan mengirimkan info tersebut kembali kedalam tampilan smartphone anda.

Sayangnya Tellspec belum bisa memindai bakteri dan dan virus, tapi jangan khawatir, si pembuat juga akan terus meningkatkan kemampuan Tellspec agar mampu mendeteksi bakteri dan virus dalam lingkungan maupun makanan.
Sampai saat ini, Tellspec masih mencari dukungan dana pengembangan agar kemampuanya bisa ditingkatkan sampai level mikroskopik.

Jadi, alih-alih memotret makan siang anda dan menguploadnya ke social media, lebih baik anda berbagi unsur-unsur kesehatan yang terdapat dalam makanan tersebut di social media dengan memindainya dahulu dengan Tellspec. Dan berdoalah agar pemilik rumah makan tidak mengusir anda.

← Berita Berikutnya

Berita Sebelumnya →

AreaTeknologi.com