tech blog, analysis, and comment
Innovation

Bagai Hantu yang Mengapung tanpa Digantung

Bagai Hantu yang Mengapung tanpa Digantung
Suara ganjil dan aneh memecah kesunyian sebuah ruangan, membuat bulu-bulu halus di sekujur tubuh bergetar hebat, tiba-tiba setetes air yang seharusnya menetes, mengambang dan melayang dalam ruangan tersebut.

Suara ganjil dan aneh memecah kesunyian sebuah ruangan, membuat bulu-bulu halus di sekujur tubuh bergetar hebat, tiba-tiba setetes air yang seharusnya menetes mengambang dan melayang dalam ruangan tersebut.

Paragraf pertama bukanlah potongan dari novel horor maupun novel misteri, itu hanya sebuah penggambaran percobaan gelombang suara pada benda-benda kecil di sekitar kita, termasuk tetesan air dalam sebuah ruangan laboratorium.

Dalam ilmu fisika Sebuah benda mengambang karena magnet sudah sering kita lihat. Sekarang apakah anda pernah mendengar bahwa benda kecil bisa bisa terangkat karena suara?

Acoustic levitation, adalah sebuah metode yang menggunakan gelombang suara untuk membuat partikel-partikel kecil mengambang, mungkin ini adalah metode yang paling mengasyikan dalam fenomena ilmu pengetahuan.

Ilmuwan jepang yang bernama Yoichi Ochiai, Jun Rekimoto dan Takayuki Hoshi telah merilis beberapa seri adegan-adegan dari experimen acoustic levitation yang menunjukkan kekuatan dari suara.

Dalam clip yang sederhana dan singkat tersebut, team peneliti dari jepang tersebut menunjukkan hasil kerja eksperimen dengan benda-benda kecil seperti kuku, sekrup, serpihan kayu dan bahkan tetesan air yang bisa mengambang akibat frekwensi suara yang dihasilkan oleh generator suara tersebut.

Gerak anggun benda-benda tersebut dalam eksperimen acoustic levitation berhasil memukau para ilmuwan dan juga para pecinta ilmu pengetahuan.

Bisa jadi gerak mengambang para kuntilanak dalam balutan gaun putih adalah hasil meminjam ultrasonic sound generator milik jepang agar bisa melayang dengan anggun di udara malam.

AreaTeknologi.com