tech blog, analysis, and comment
Design

Trik Merusak wajah Aktor dengan Photoshop

Trik Merusak wajah Aktor dengan Photoshop
Jika kegiatan setiap hari anda salah satunya adalah olah raga, itu sudah biasa. Tapi apakah anda ingin mencoba untuk olah foto?

Jika kegiatan setiap hari anda salah satunya adalah olah raga, itu sudah biasa. Tapi apakah anda ingin mencoba untuk olah foto?

Kali ini saya akan berbagi mengolah foto dengan Adobe Photoshop. Langsung saja kita mulai.

pertama saya akan memberikan anda modal 2 buah gambar yang saya ambil dari internet :

1. http://djstorm.files.wordpress.com/2012/07/tom_cruise_3.jpg
2. http://www.kidshalloweencostumes4u.com/pimages/large/freddy-kreuger-mask.jpg

setelah foto terbuka, copy file dengan klik kiri dan pilih copy pada foto Tom Cruise , lalu buka software photoshop dan tekan tombol (Ctrl N), dan pastikan background transparan, lalu tekan (enter).

Lakukan hal yang sama pada foto topeng Freddy Krueger.

Pada foto topeng freddy krueger, gunakan Magic Wand Toll (tekan ‘W’) untuk menyeleksi bagian background putih gambar tersebut, sehingga tampak garis putus-putus pada frame dan topeng tersebut, yang berarti bahwa yang terseleksi/block adalah background gambar tersebut. Untuk itu harus di invert dengan menggunakan (Ctr Shift i).


Kemudian gunakan Move Tool (tekan ‘V’) untuk memisahkan gambar topeng freddy krueger dengan background putihnya, caranya letakkan cursor diatas gambar topeng lalu klik kiri, tahan dan bawa/tarik ke gambar atau kedalam foto Tom Cruise.

Pada gambar Tom Cruise, terlihat topeng Freddy Krueger tampak terlalu besar. Maka harus di resize/ dikecilkan ukurannya dengan menggunakan tombol (Ctrl T).

Usahakan Ukuran topeng Freddy Krueger pas dengan wajah Tom Cruise atau tertutup seluruhnya dengan topeng Freddy Krueger. Setelah selesai me-resize, tekan tombol Enter atau klik kiri pada tombol dengan icon centang.


Setelah itu, perhatikan pada layer panel di kanan bawah, dimana terdapat 2 gambar yang saling bersusun. Pastikan layer gambar Freddy Krueger berada di atas layer gambar Tom Cruise. Kemudian tahan tombol Ctrl lalu klik kiri pada gambar Freddy Krueger pada layer panel untuk menyeleksi gambar Freddy Krueger pada gambar utama dan akan muncul garis putus-putus.

Perintah selanjutnya, pada panel menu (File, Edit, Image dst), pilih “Layer – Layer Mask – Reveal Selection”, kelihatannya memang tidak terjadi perubahan berarti, kecuali hilangnya seleksi dan munculnya perubahan pada panel layer pada layer gambar Freddy Krueger.

Aksi selanjutnya yaitu menggunakan Brush Tool (tekan ‘B’) untuk membentuk topeng sesuai dengan separuh Wajah Tom Cruise, namun sebelumnya pastikan bahwa Layer Mask pada layer panel sudah terseleksi, supaya tidak merusak gambar aslinya, karena pada dasarnya kita hanya menutupi wajah Tom Cruise dengan gambar Freddy Kruiger lalu kita brush agar terbuka dengan menggunakan teknik masking.

Agar maksimal dalam menggunakan brush, akan saya berikan tips-tipsnya :
1. Untuk menambal dan menghilangkan topeng, gunakan tombol ‘X’
2. Untuk memperbesar diameter brush gunakan tombol ‘ ] ’ dan untuk mengecilkan diameter brush gunakan tombol ‘ [ ‘
3. Untuk tebal tipis tekanan brush, klik kanan pada layar, dan gunakan slider hardness
4. Untuk transparansi gunakan opacity slider, dan untuk mengatur aliran brush gunakan flow slider atau masukkan angka prosentase yang akan digunakan.


Setelah anda merapikan separuh wajah rusak Tom Cruise dengan menggunakan brush, pada layer Freddy Krueger, rubah layer stylenya menjadi ‘Overlay’. Lalu copy layer Freddy Krueger dengan menggunakan tombol (Ctrl ‘J’). Dan rubah layer copy-an tersebut dengan layer style ‘Screen’ dengan Opacity 25% dan Fill 75%.

Sekarang anda tinggal menyimpan filenya baik dalam bentuk .psd maupun .jpg.

Jika masih merasa kurang jelas, silahkan tinggalkan pertanyaan dalam kolom komentar, dan saya akan mencoba menjawabnya semampu saya.

← Berita Berikutnya

AreaTeknologi.com