tech blog, analysis, and comment
Design

Membuat Foto Baru jadi Foto Jadul dengan Photoshop

Membuat Foto Baru jadi Foto Jadul dengan Photoshop
Tutorial ini akan membuka mata anda bagaimana Hoax Picture dibuat, hanya bermodalkan photoshop bisa membuat dunia heboh akan hadirnya seorang time traveler di situs-situs internet.

Kali ini kita akan membuat foto baru menjadi foto jadul yang boleh pinjam dari Indonesian Reenactment Community. Seperti biasa saya akan menyediakan 2 buah gambar.

ok langsung saja kita mulai.

Pertama download dan buka kedua foto yang sudah disediakan, kemudian perhatikan kondisi layer pada layer panel. Jika di layer panel masih ada tanda gembok, double klik pada layer tersebut hingga muncul seperti ini :

Ini dimaksudkan agar dalam mengolah foto menjadi lebih bebas. Langkah selanjutnya yaitu merubah merubah foto menjadi hitam putih, caranya klik kiri pada : Image – Adjustment – Desaturate atau dengan keyboar shortcut (Shift – Ctrl – U)

Hingga menjadi seperti ini

Jika dirasa gambar kurang tajam, anda bisa mengaturnya dengan menggunakan slider level, caranya : Image – Adjustment – Level. Atau menggunakan keyboard shortcut (Ctrl – L). Hingga muncul pop up grafik dengan 3 slider untuk mengatur ketajaman gambar.

Kemudian kita buka file pattern layer yang sudah saya disediakan dalam link diatas, setelah terbuka, tarik/drag gambar pattern layer kedalam gambar yang sudah dirubah jadi hitam putih tadi dengan menggunakan Move Tool (‘V’), lalu lanjutkan dengan mengatur posisi gambar Pattern Layer agar pas diatas foto hitam putih tadi dengan menggunakan Ctrl ‘T’.

Setelah posisi dirasa sudah pas dan menutup seluruh foto hitam putih tadi, ubah layer style menjadi Multiply.

Jika dirasa foto Pattern Layer warnanya terlalu pekat, anda bisa menyetelnya dengan Hue/Saturation, caranya klik : Image – Adjustment – Hue/Saturation atau dengan keyboard shortcut (Ctrl ‘U’).

Dalam mengolah foto dengan photoshop, cobalah untuk berkreasi dengan imajinasi liar anda, jangan terpaku pada apa yang saya berikan. Yang saya berikan hanya garis besar dan panduan saja.

Jika masih ada yang belum jelas silahkan tinggalkan pertanyaan anda pada kolom komentar di sebsite ini, Selamat mencoba dan jangan lupa…Bersenaang-senaaang.

AreaTeknologi.com