tech blog, analysis, and comment
Innovation

Lensa Kontak Pintar untuk Penderita Glaucoma

Lensa Kontak Pintar untuk Penderita Glaucoma
Lensa Kontak Pintar ini bernama Smart Contact Lense yang akan membantu para penderita Glaucoma dan akan dikembangkan untuk kebutuhan lainnya

Gangguan pada penglihatan sering dialami oleh para penderita Glaucoma. Namun saat ini ada kabar gembira dengan hadirnya teknologi lensa kontak pintar.

Teknologi ini bernama Smart Contact Lense yang akan membantu para penderita Glaucoma dan tidak menutup kemungkinan teknologi ini dikembangkan untuk aplikasi-aplikasi lainnya.

Ilmuwan Swiss di Universitas ETH Zurich yang berfokus pada pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan alam berhasil mengembangkan sirkuit elektronik yang transparan dan ultra fleksibel yang akan digunakan dalam pembuatan Smart Contact Lense.

Menurut majalah Smisthsonian, Sirkuit elektronik ini terbuat dari zat yang bernama Parylene yang diletakkan diatas polimer vinyl yang akan berperan sebagai sistem pendukung, kemudian sirkuit elektronik tersebut dicetak diatas zat yang bernama parylene. Lalu chip yang sudah di cetak akan di rendam di dalam air, fungsi air disini adalah untuk memisahkan antara sirkuit yang sudah di cetak dengan polymer vinyl.

Sampai saat ini ilmuwan hanya berfokus pada pengembangan teknologi medis seperti memantau kesehatan mata.

Menurut para ilmuwan dalam jurnalnya, mengatakan, “Di masa yang akan datang kami melihat aplikasi potensial ini seperti smart contact lenses, yang dilapisi cahaya, tembus pandang dan alat yang lentur akan berfungsi sebagai alat pemantau tekanan intracoular pada penderita glaucoma.”

Menurut John Rogers, pakar elektronik flexible dari Universitas Illinois, pengembangan ini adalah langkah positif kedepan. Dia juga mengatakan bahwa penelitian ini adalah saran dari masa depan yang cemerlang dan berkelas dari sistem elektronik.”

Ilmuwan juga sudah menguji sirkuit ini pada mata buatan, namun demikian masih banyak penelitan yang harus disempurnakan sebelum alat ini dijual secara komersil. Salah satu kendalanya adalah dibutuhkan komponen lainnya seperti sensor dan baterai yang tahan lama agar bisa berfungsi diluar laboratorium penelitian.

AreaTeknologi.com