tech blog, analysis, and comment
Green Tech

SBU V3, Sepeda Roda Satu Elektrik Ramah Lingkungan

SBU V3, Sepeda Roda Satu Elektrik Ramah Lingkungan
Sepeda roda satu bermotor listrik ramah lingkungan yang mudah dan menyenangkan.

Sepeda beroda satu atau unicycle identik dengan atraksi seperti di sirkus. Menggunakan unicycle memang bukan perkara mudah, keseimbangan badan harus tetap terjaga. Namun di zaman yang serba elektrik seperti sekarang ini, unicycle mendapatkan tempat khusus. SBU V3 adalah unicycle bertenaga listrik yang nyaman dikendarai tanpa harus memiliki kemampuan seperti pemain sirkus.

SBU V3 dirancang untuk kemudahan penggunanya, untuk mengendarainya, kita tidak perlu repot-repot melatih keseimbangan kita. SBU V3 beroperasi mirip Segway, kendali dilakukan melalui gerak tubuh natural. Menurut Focus Design, perusahaan pembuat SBU V3 ini, kita hanya membutuhkan sekitar setengah jam untuk mahir mengendari SBU V3 ini. Untuk bisa berbelok atau bergerak, kita cukup menggerakkan tubuh kita sesuai arahnya. Sebuah akselerometer yang memiliki 3 aksis dan sensor-sensor gyro akan membantu kita agar tetap seimbang.

Sepeda roda satu ini dilengkapi dengan sebuah bateri lithium ion phospate yang cukup untuk dipakai berjalan-jalan sekitar 2 jam. Motor electric berdaya 1000 watt mampu mendorong SBU V3 dari kecepatan 0 hingga 16 km/jam dalam waktu 3 detik. SBU V3 memiliki kecepatan maksimum 24 km/jam.

Dengan berat sekitar 12,27 kg, SBU V3 cukup kompak diletakkan di bagasi mobil anda. Jika kantor anda mungkin tidak terlalu jauh, kenapa tidak menggunakan Unicycle ramah lingkungan ini? Sang disainer sepeda ini memperhitungkan jika anda menggunakan SBU V3 seminggu sekali saja anda akan menghemat sekitar $275 BBM dan mengurangi emisi C02 sebanyak 1 metrik ton per tahun.

SBU V3, sayangnya dibandrol dengan harga yang kurang ramah di kantung anda. Per unitnya sepeda roda satu ini dihargai $1.800.

  • freezebee

    shut up and take my money!!

AreaTeknologi.com