tech blog, analysis, and comment
Game

Nintendo Akui Penjualan Wii U Tidak Mencapai Target

Nintendo Akui Penjualan Wii U Tidak Mencapai Target
Penjualan Wii U, hardware teranyar karya Nintendo yang menggabungkan fungsi controller dan console ternyata tidak memuaskan

Penjualan Wii U, hardware teranyar karya Nintendo yang menggabungkan fungsi controller dan console ternyata tidak memuaskan. Menurut Nintendo penjualan perangkat keras game tersebut gagal meraih target di akhir tahun. Kerugian penjualan tersebut memasuki tahun ketiga bagi Nintendo, seperti yang dilaporkan Reuter.

Presiden Nintendo, Satoru Iwata mengungkapkan jika Nintento gagal meraih target pada akhir tahun, dimana biasanya pendapatan sedang tinggi.

Berkaca pada kegagalan tersebut, Nintendo mengurangi penjualan globalnya sebesar 70% hingga 31 Maret tahun 2014 ini. Selain Wii U, 3DS yang juga keluaran Nintendo juga bernasib sama.

Kedua mesin game Nintendo tersebut harus bersaing dengan banyaknya hardware yang sebenarnya bukan spesialis game. Uniknya, Nintendo harus bersaing dengan banyaknya apps game murah yang tersedia di Android dan IOS milik Apple.

Sementara itu console rumahan saat ini didominasi oleh XBox milik Microsoft dan PlayStation milik Sony. XBox dan PlayStation yang menawarkan game-game high end dan populer seperti Grand Theft Auto untuk para penikmat game serius ternyata mampu melibas Nintendo.

Menurut saya, dari dulu kekuatan Nintendo adalah game-game kasualnya yang memiliki replay value (game yang jika dimainkan berulang-ulang tidak membosankan) yang tinggi. Mungkin Nintendo harus fokus ke arah sana. Game-game serius penuh ledakan dan kekerasan biarkan saja menjadi konsumsi PS dan XBox.

AreaTeknologi.com