tech blog, analysis, and comment
Enterprise

Awal Benih Apple 30 tahun Silam Hingga Sekarang

Awal Benih Apple 30 tahun Silam Hingga Sekarang
30 tahun silam, tepatnya 24 Januari, Apple atau Apple Macintosh didirikan oleh Steve Jobs. Selama 30 tahun itulah Apple Macontosh berhasil mengeluarkan produk-produk komputer yang terus berevolusi dimasa yang akan datang.

30 tahun silam, tepatnya 24 Januari, Apple atau Apple Macintosh didirikan oleh Steve Jobs. Selama 30 tahun itulah Apple Macontosh berhasil mengeluarkan produk-produk komputer yang terus berevolusi dimasa yang akan datang. Berikut adalah produk-produk Apple Macintosh yang pernah menjadi trend dimasanya:


1. Lisa
Debut komputer model pertama adalah Apple Lisa. Produk ini dikembangkan selama 3 tahun dan menghabiskan dana sekitar 50 juta US dollar. Sayangnya produk yang namanya diambil dari nama putri pertama Seteve Jobs ini gagal di pasar, karena harganya kelewat tinggi sekitar 10.000 US dollar dan tak terjangkau oleh konsumen. Walhasil produk ini hanya terjual beberapa unit saja. Namun demikian produk yang dikeluarkan pada tahun 1984 ini sangat mempengaruhi produk-produk macintosh berikutnya.


2.Macintosh XL
Untuk mendongkrak penjualan Lisa, pada tahun berikutnya, 1985, Apple me-redesain Lisa dan mengganti nama produknya menjadi Macintosh XL serta menurunkan harga jualnya menjadi 3.495 US Dollar.


3. Macintosh 128K
Diperkenalkan pada tahun 1984 dimana bentuknya sudah terlihat seperti PC Macintosh seperti yang kita kenal sekarang. Produk ini dijual dengan harga 2.495 US dollar dengan spesifikasi layar monitor 9 inch, RAM 128K, mudah dalam mengakses dan pengoperasiannya.


4.Macintosh 512K
Pada dasarnya produk ini sama dengan Macintosh 128K hanya memorinya saja yang empat kali lebih besar.


5. Macintosh Plus
Pada tahun 1986, Macintosh Plush masuk ke pasar dengan membawa keunggulan-keunggulan seperti kapasitas RAM sebesar 1 MB serta Port SCSI, yaitu port dimana sang pengguna bisa menginstall Hard Disk eksternal. Produk ini di banderol seharga 2.599 US Dollar.


6. Macintosh Portable
Komputer portable bertenaga mulai masuk arena pasar komputer pada tahun 1989. Pada masanya, dengan 16 Mhz komputer ini tergolong cepat dan ringan karena hanya berbobot kurang lebih 7 Kg. Sayangnya produk ini gagal di pasar PC.


7. Powerbook
Beberapa tahun kemudian pada tahun 1991, Macintosh mencoba peruntungan kembali dengan mengeluarkan produk portable komputer bernama Powerbook. Ini adalah produk portable komputer teringan yang pernah diciptakan oleh Apple karena Floppy Disk Drive terpisah dari unit Powerbook


8. iMac
Bentuk yang stylish dan penuh warna ini bernama iMac, merupakan produk Apple tahun 1998 yang ditandai dengan didapuknya Steve Jobs sebagi CEO perusahaan berlogo apel coak tersebut.


9. iMac G4
Produk iMac G4 memiliki bentuk yang fleksibel dan rata membuat kagum para pecinta teknologi. Karena penyangga monitor yang kecil dan layar yang bisa dimaju mundurkan serta di putar diperkenalkan pertama kali pada tahun 2002 oleh Steve Jobs.


10. MacBook
Tahun 2006, Apple kembali menggulirkan produk barunya keluar bernama MacBook. Produk ini mempunyai fitur “iSight” Webcam, layar LCD yang tajam dan cerah serta keyboard yang terintegrasi.


11. MacBook Air
MacBook adalah produk termanis yang pernah Apple buat dan digadang-gadang sebagai notebook tertipis didunia (dengan menghilangkan DC/DVD drive dalam fiturnya). Steve Jobs memperkenalkan produk ini pada tahun 2008, dimana produk ini terus berkembang dengan update dan redesain model seperti ini. Pada awal diperkenalkan, produk ini memiliki 80 GB Hard drive dan backlight LED yang cerah.


12. iMac Today
lebih tipis dan lebih besar dari produk pendahulunya, iMac moderen memiliki fitur layar tipis keyboard yang bisa di lepas pasang, dan mouse. Jeroannya pun tidak kalah hebatnya dengan intel sebagai prosesor, fusion hard drive sebagai penyimpanan data yang mengkombinasi antara penyimpanan traditional ala hard drive dan dengan penyimpanan Flash storage.

AreaTeknologi.com