tech blog, analysis, and comment
Gadget

Berinteraksi Dengan Gadget melalui Telapak Tangan

Berinteraksi Dengan Gadget melalui Telapak Tangan
Surga boleh di telapak kaki ibu, namun dunia ada di telapak tangan anda. Kalimat terakhir pada pembuka tulisan ini sepertinya tidak berlebihan jika di sandangkan pada teknologi transmitter ini.

Surga boleh di telapak kaki ibu, namun dunia ada di telapak tangan anda. kalimat terakhir pada pembuka tulisan ini sepertinya tidak berlebihan jika di sandangkan pada teknologi transmitter yang bernama Fin.

Teknologi ini memungkinkan pengguna mengatur dan mengendalikan 3 alat sekaligus seperti smartphone anda, radio mobil, dan Smart TV. Cukup dengan gerak sapuan dan ketukan lembut pada telapak tangan.

Teknologi ini berbentuk cincin yang di gunakan pada ibu jari tangan anda dan anda bisa langsung terhubung via bluetooth pada 3 gadget.

Menurut Rohildev Nattukallingal, pendiri dari RHL Vision yang juga orang dibelakang hadirnya teknologi ini, mengatakan, “masyarakat dunia saat ini jauh lebih sibuk, namun sayangnya masyarakat sering menghabiskan waktu hanya untuk sekedar berinteraksi dengan gadget pintar mereka. Namun Fin mempersingkat jarak interaksi antara pengguna dengan gadget pintar ini.”

Selain bisa mengendalikan volume suara televisi pintar anda teknologi Fin juga bisa memutar nomer telpon tujuan dan mengirimkan pesan singkat tanpa harus menyentuh telepon genggam anda. menurut klaim sang pembuat, interaksi alami antara Fin dengan manusia bisa membantu bagi mereka-mereka yang terganggu penglihatannya.

Nattukallingal juga mengklaim bahwa daya tahan baterai Fin mampu bertahan selama satu bulan dalam kondisi power-saving mode dan penggunaan delapan jam sehari.

Fin akan mulai dipasarkan pada bulan September 2014 seharga 120 US Dollar dengan 5 varian warna pilihan. Selain itu pencipta teknologi ini juga akan merilis Software development kit, agar para pengembang software bisa menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk Fin.

Untuk saat ini, Nattukallingal dan team masih mengumpulkan dana pengembangan dengan target 100.000 US Dollar dengan menggunakan situs pencari dana Indiegogo (ini berarti mereka akan tetap mendapatkan dana walaupun tidk mencapai target). Saat jumpa pers, diumumkan bahwa mereka sudah berhasil mengumpulkan dana sebesar 15.000 US Dollar dengan sisa waktu 21 hari lagi.

Cara penggunaan Fin dan gesture yang unik, akan nampak lucu jika digunakan di Indonesia, apalagi saat pengguna melakukan gesture Fin ala dukun didepan kemenyan yang dibakar.

AreaTeknologi.com