tech blog, analysis, and comment
Innovation

Saat Bau Badan jadi KTP

Saat Bau Badan jadi KTP
Aroma tubuh sebagai alat pengenal dinilai memiliki pola yang tetap selama beberapa waktu dan memungkinkan untuk mengidentifikasi seseorang dengan keakuratan sampai dengan 85%.

Teknologi identifikasi wajah, sidik jari dan pemindaian mata, adalah teknologi yang masih dipakai sampai sekarang. Namun tak lama lagi akan ada teknologi personal identifikasi baru, yaitu “Bau Badan”.

Peneliti dari Universidad Politecnica de Madrid Spanyol bekerjasama dengan firma teknologi Ilia Sistemas SL sedang mengembangkan sebuah sistem yang bisa mengidentifikasi seseorang dari aroma tubuhnya.

Aroma tubuh sebagai alat pengenal dinilai memiliki pola yang tetap selama beberapa waktu dan memungkinkan untuk mengidentifikasi seseorang dengan keakuratan sampai dengan 85%. Para peneliti percaya bahwa hasil dari identifikasi aroma tubuh cukup mengurangi cara konvensional yang cenderung agresif dalam proses identifikasi seseorang.

Memang pemeriksaan identitas seseorang dengan menggunakan iris mata atau sidik jari jauh lebih akurat, namun demikian peneliti membandingkan bahwa teknik ini sering diasosiasikan dengan catatan kriminal seseorang, sehingga banyak orang yang enggan untuk berpartisipasi dalam proses identifikasi.

Sedangkan untuk identifikasi wajah, tingkat kegagalannya tinggi.

Oleh karenanya pengembangan sensor aroma mampu mengidentifikasi seseorang saat mereka berjalan melalui sebuah sistem gerbang yang memiliki tingkat keakuratan tinggi, dinilai dapat memberikan solusi tanpa harus mengedepankan agresifitas petugas terhadap masyarakat.

Para peneliti juga percaya jika teknologi ini bisa digunakan di bandara, pos perbatasan negara atau tempat-tempat dimana identifikasi gambar diperlukan.

Mungkin penggambarannya bisa dilihat dalam film “Enak Benar Jadi Jutawan” yang diperankan oleh Cholik, Ujang, Ron Ron, Darussalam dan Enny Haryono. Yang diceritakan dalam satu adegan, dimana sang sekretaris harus mengenali sang ahli waris dengan menciumi satu persatu ketiak calon ahli waris.

Berita Sebelumnya →

AreaTeknologi.com