tech blog, analysis, and comment
Gadget

Satu Cincin untuk Semua Perangkat

Satu Cincin untuk Semua Perangkat
“One Ring to Rule Them All”, kalimat tersebut memang sama dengan salah satu quote dalam film “Lord of The Ring”. Namun inilah penggambaran kemampuan dari cincin yang di produksi oleh Logbar.

“One Ring to Rule Them All”, kalimat tersebut memang sama dengan salah satu quote dalam film “Lord of The Ring”. Namun inilah penggambaran kemampuan dari cincin yang di produksi oleh Logbar.

Sepintas cincin ini seperti cincin perak yang sering dijajakan pedagang monel atau di toko-toko perak di Kota Gede Yogyakarta. Namun di dalam cincin tersebut terdapat rangkaian elektronik yang mampu mendeteksi gerakan jari dan mengendalikan sejumlah perangkat elektronik lainnya.

CEO Logbar, Takuro Yoshida dalam video kampanye-nya di situs Kickstarter memberikan demonstrasi interaktif di San Fransisco, Amerika Serikat tahun lalu.

Kemampuan mendeteksi jari cincin ini memungkinkan pengguna menuliskan pesan teks di udara. Bahkan pengguna juga bisa mengakses aplikasi-aplikasi smartphone cukup dengan menggambarkan aplikasi yang dituju di udara.

Contohnya, jika pengguna ingin mengakses musik player, sang pengguna cukup menggambarkan notasi musik di udara. Atau jika pengguna ingin mengakses email, pengguna tinggal menggambar bentuk amplop di udara, secara otomatis aplikasi tersebut akan terbuka.

Keunggulan lainnya adalah bisa menggunakan perangkat bluetooth untuk pembayaran melalui GPS atau iBeacon, dan juga bisa digunakan sebagai alat kendali televisi dan lampu pada rumah pintar.

Aplikasi cincin ini juga memungkinkan anda untuk membuat memprogram gesture atau gerakan-gerakan perintah diluar program gerakan yang sudah disediakan. Diharapkan program ini bisa membantu manusia yang berkebutuhan khusus (cacat).

Untuk mengaktifkan cincin ini, anda hanya perlu menekan salah satu tombol yang terdapat disisi cincin, kemudian cincin akan merespon dengan tanda lampu led yang berkedip dan vibrasi yang muncul.

Menurut sang pembuat, cincin ini mampu mengenali lebih dari 1000 gesture atau gerakan sebelum baterai habis dan harus di setrum ulang.

Sayangnya cincin ini tidak tahan air, sehingga untuk penggunaan bergerak atau mobile tidak cocok. Katakanlah anda harus mencuci tangan atau piring, sudah dipastikan cincin ini akan rusak.

Selain itu baterai setrum ulang cincin ini tidak bisa diganti, jadi jika baterai tidak bisa di setrum ulang (karena masa pakainya sudah habis), anda harus membeli unut cincin yang baru kembali.

Untuk harga jualnya, cincin ini dibanderol dengan harga 145 US Dollar, namun saat presentasi tahun lalu, Yoshida memberikan bocoran bahwa harga perangkat ini akan turun dengan kisaran harga 100 US Dollar.

Saat peluncuran juga diumumkan bahwa perangkat cincin pintar ini bisa digunakan di iOS dan Android, mereka juga merencanakan agar cincin ini bisa cocok di perangkat Windows Phone.

Saat menggunakan cincin ini, anda tidak perlu berbisik sambil mengatakan “My Precious”.

AreaTeknologi.com