tech blog, analysis, and comment
Gadget

Saatnya Matematika Menjadi Momok Bagi Guru Tapi Bukan Buat Murid

Saatnya Matematika Menjadi Momok Bagi Guru Tapi Bukan Buat Murid
Berbahagialah anak sekolah jaman sekarang, sementara guru matematika di sekolah kemungkinan harus mengemasi buku silabus matematika.

Berbahagialah anak sekolah jaman sekarang, sementara guru matematika di sekolah kemungkinan harus mengemasi buku silabus matematika.

Bukan tidak mungkin hal ini terjadi, karena ada aplikasi gadget kalkulator yang terintegrasi dengan kamera smartphone bernama Photomath.

Photomath memiliki teknologi yang bisa mengenali teks yang kemudian bisa memecahkan rumus-rumus persamaan matematika sederhana.

Tidak hanya itu saja, alat ini juga memberikan petunjuk cara menyelesaikan rumus persamaan matematika setahap demi setahap dan juga menjelaskannya.

Selain bisa memecahkan rumus persamaan matematika, Photomath juga bisa memecahkan rumus desimal, akar dan persamaan linear sederhana.

Mungkin kita melihatnya hanya sebagai sebuah alat yang membantu para siswa dalam belajar matematika. Namun perusahaan pembuatnya, Microblink, sebuah perusahaan yang bermarkas di Koasia, melihat berbagai kemungkinan positif dalam penggunaannya.

Damir Sabol, petinggi di perusahaan MicroBlink mengatakan bahwa mereka melihat teknologi yang saat ini digunakan di berbagai tempat dimana aplikasi bergerak butuh tersambung dengan dunia nyata melalui teknologi pengenalan teks.

Namun demikian saat ini Damir Sabol sedang tidak memfokuskan MicroBlink pada teknologi pendidikan, tapi sejauh ini dia sangat gembira dengan kesuksesan PhotoMath.

Damir Sabol juga mengatakan bahwa, lebih dari 110.000 pengunjung telah mendownload kemarin, dan ini akan terus meningkat. Dan untuk masalah pembiayaan, MicroBlink belum akan mencari investor dari luar dahulu, tapi dimasa yang akan datang dimungkinan membuka peluang bagi para investor.

Pada produk sebelumnya, MicroBlink juga telah meluncurkan aplikasi PhotoPay, yaitu sebuah aplikasi dimana pengguna bisa membayar tagihan cukup memindai dengan kamera pada telepon genggam.

Untuk saat ini PhotoMath baru tersedia untuk Smartphone berbasis iOS dan Windows Phone, dan akan muncul di Android pada awal 2015.

← Berita Berikutnya

Berita Sebelumnya →

  • nursidik

    aplikasinya membantu tapi hanya IOS dan Windows Phone T_T

AreaTeknologi.com