tech blog, analysis, and comment
Green Tech

Kompor Tanpa Minyak dan Gas

Kompor Tanpa Minyak dan Gas
Kompor ETAM

Energi selalu menjadi masalah di belahan dunia manapun. Di Indonesia sendiri, tabung gas 3 kg yang tadinya khusus dibuat untuk menengah ke bawah baru saja naik. Kemudian gas 12 kg yang untuk menengah ke atas juga naik sehingga mendorong permintaan tinggi akan tabung gas 3 kg. Keadaan ini tentu saja membuat subsidi gas 3 kg untuk rakyat kecil menjadi sia-sia karena pengguna 12 kg kini banyak beralih ke 3 kg.

Kompor ETAM (Energi Tanpa Minyak dan Gas) yang berasal dari Bandung ini merupakan angin segar bagi Indonesia. Kompor ini tidak menggunakan minyak dan gas melainkan menggunakan energi biomass atau sampah organik yang belum lama mati seperti kertas koran, serpihan kayu, serbuk gergaji, cabang/ranting pohon, sisa bambu, bonggol jagung, limbah pertanian, dan kotoran hewan.

Biomass adalah sumber energi yang terbarukan karena tanaman dapat kembali tumbuh pada lahan yang sama. Tanaman adalah sumber yang paling banyak digunakan untuk biomass.

Menurut produsennya, kompor ETAM memiliki beberapa keunggulan

  • Cukup portabel untuk dibawa-bawa
  • Meminimalisir penggunakan bahan bakar minyak tanah dan gas
  • Bahan bakar tidak harus selalu menggunakan limbah kayu tatalan tapi bisa juga menggunakan bahan-bahan biomass lainnya seperti sekam padi, serbuk kayu gergajian, ampas tebu yang dipadatkan, bonggol jagung kering, batok kelapa, potongan bambu, bahkan briket sampah organik, dan lain-lain sesuai dengan yang ada dilingkungannya dan lebih mudah didapatkan
  • Adanya alternatif bahan bakar memasak yang lebih murah dan aman

Cara kerja utama Kompor ETAM ini adalah dengan menggunakan metode gasifikasi, proses perubahan pembakaran langsung terhadap limbah biomassa menjadi energi gas yang terjadi akbiat sirkulasi udara pada pembakaran tersebut, dan terus berulang sampai menjadi material terkecil sehingga sisa abu pembakaran habis terbakar.

Untuk informasi lebih lanjut silakan mengunjungi laman berikut ini:
http://www.komporetam.blogspot.com/
https://www.facebook.com/kompor.etam

Berita Sebelumnya →

AreaTeknologi.com