tech blog, analysis, and comment
Software

Segera Update Mozilla Firefox anda, jika tidak ingin file anda ter-Upload tanpa jejak

Segera Update Mozilla Firefox anda, jika tidak ingin file anda ter-Upload tanpa jejak

Bagi anda yang memilih mozilla Firefox sebgai browser favorit, hentikan aktifitas browsing anda dan segera update Mozilla Firefox anda.

Rabu kemarin ada sebuah penemuan mengejutkan, bahwa browser Mozilla firefox berpotensi memiliki bug, dimana ada celah kelemahan software sehingga bisa membuat manusia tak bertanggung jawab bisa menyisipkan perintah untuk mengupload file-file anda secara otomatis tanpa terdeteksi sama sekali.

Menurut sebuah blog terbitan Mozilla, file-file anda akan terunggah ke sebuah server di Ukraina tanpa terdeteksi. Selain itu, blog tersebut juga menyarankan para pengguna untuk segera meng update Firefox anda menjadi Firefox 39.0.3 atau Firefox ESR (Extended Support Release) 38.1.1.

Ada sebuah iklan tanpa nama yang terpampang di website berita russia yang menyatakan bisa memanfaatkan kelemahan sistem keamanan browser untuk mencadi dan menunggah file tanpa meninggalkan jejak di komputer anda.

Menurut posting yang dikirim oleh ketua tim ahli sistem keamanan Mozilla Firefox, Daniel Veditz, kelemahan sistem keamanan pada software ini terjadi pada pengguna Operating System Windows dan Linux, sementara para pengguna OS Mac dilaporkan masih aman, namun tidak berarti tidak ada kelemahannya.

Kelemahan ini muncul dari mekanisme interaksi yang dipaksakan pada pemisahan hubungan antara JavaScript dan PDF viewer di Firefox. Daniel Veditz juga mengatakan bahwa produk-produk mozila yang tidak ditanamkan PDF Viewer seperti di firefox atau di android masih tetap aman.

Dan untuk para pengguna mozilla yang menambahkan software ad-blocking pada Mozilla tidak akan berpengaruh, tambah Daniel Veditz.

Segera update software Mozilla Firefox anda, tentunya anda tidak ingin catatan harian anda tentang keseharian anda setelah putus cinta tersebar kemana-mana dan dibaca oleh mantan anda kan?

AreaTeknologi.com